Contoh Bahan Kelas 2 Mapel Ips Dokumen Diri Dan Benda Berharga

September 25, 2018
SK: memahami insiden penting dalam keluarga secara kronis.
KD: memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya.
A.    Macam-macam dokumen pribadi.
1.      Akta kelahiran
Akta kelahiran ialah surat yang berisi data wacana kelahiran seseorang. Akta kelahiran wajib dimiliki oleh semua orang. Akta kelahiran banyak kegunaanya. Karena sangat penting sehingga surat ini dihentikan hilang. Dalam sertifikat kelahiran dicantumkan nama kita, tanggal dan tahun lahir, nama ayah, dan nama ibu. Ketika kita akan masuk sekolah, kita harus membawa surat kelahiran tersebut. Akta kelahiran dipakai sebagai dasar bagi sekolah untuk menciptakan data wacana identitas siswa.
2.      KMS (Kartu Menuju Sehat)
3.      Buku Rapor
a.       Buku rapor TK
b.      Rapor SD
4.      Piagam penghargaan.
Piagam ialah surat yang menyatakan prestasi seseorang. Piagam berupa selembar kertas. Dalam piagam tertulis:
a.       Nama penerima
b.      Jenis prestasi
c.       Lembaga pemberi piagam
d.      Tempat dan tanggal lahir penerima
e.       Tanda tangan panitia penyelenggara
5.      Ijazah.
6.      Surat Izin mengemudi (SIM)
Setiap pengerndara kendaraan bermotor atau kendaraan beroda empat harus mempunyai SIM. SIM abreviasi dari Surat Izin Mengemudi. SIM merupakan bukti bahwa seseorang layak mengendarai kendaraan bermotor atau mobil. SIM dikeluarkan oleh Satlantas. Syarat mencari SIM harus berumur 17 tahun. Dan sudah sanggup mengendarai kendaraan bermotor untu SIM C. Dan harus sanggup mengendarai kendaraan beroda empat untuk SIM A. Masa berlaku SIM selama 5 tahun. Setelah 5 tahun pengendara itu harus memperbarui SIM-nya kembali. Setiap mengendarai kendaraan, SIM harus dibawa.
7.      Kartu Tanda Penduduk.
Setelah seseorang berumur 17 tahun, maka ia harus mencari KTP. KTP merupakan dokumen pribadi. KTP sebagai identitas diri seseorang. KTP merupakan bukti seseorang tercatat sebagai penduduk. Masa berlakunya KTP selama 5 tahun. Di dalam KTP tertulis data pemilik KTP tersebut.
8.      Kartu Keluarga.
Kartu keluarga merupakan sebuah kartu yang mencatat data personil di dalam sebuah keluarga. Di dalam karu keluarga yang pertama ditulis ialah data ayah, ibu, lalu anak. Diurutkan dari yang lebih tua.
9.      Foto Keluarga.

B.     Benda Berharga.
Benda berharga ialah benda-benda yang mempunyai nilai. Baik itu harga kegunaan ataupun berilai sejarah. Benda berharga harus dirawat dengan baik, semoga benda berharga tersebut tidak rusak ataupun hilang. Contoh benda-benda berharga, antara lain sebagai berikut.
1.      Piala.
Piala ialah benda berharga yang diberikan kepada mereka yang menjadi juara. Dalam sebuah perlombaan niscaya ada yang menang. Ada juara satu, dua, dan tiga. Para pemenang lomba biasanya diberi piala. Tetapi tidak semua pemenang lomba diberi piala. Piala harus disimpan dan dirawat dengan baik, semoga tidak gampang rusak atau hilang.
2.      Perhiasan.
Perhiasan biasanya terbuat dari emas, perak, atau permata. Perhiasan ialah benda-benda yang mahal. Perhiasan sanggup berupa gelang, kalung, giwang/anting. Setiap perempuan menggunakan peerhiasan untuk mempercantik dirinya.
3.      Buku.
Buku termasuk barang berharga. Buku menyebabkan kita menjadi pandai. Buku ialah jendaela ilmu. Di sekolah ada perpustakaan. Banyak buku-buku tebal tersimpan di dalamnya. Kita harus sering ke perpustakaan untuk membacanya.
4.      Benda Keramik.
Benda-benda yang terbuat dari keramik harganya mahal. Benda-benda keramik biasanya dipakai untuk hiasan. Benda-benda keramik itu biasanya berwujud guci, piring, atau vas bunga. Benda-benda keramik termasuk benda berharga. Kita harus merawatnya semoga tidak rusak.
C.    Memlihara Dokumen dan Benda Berharga.
Karena dokumen dan benda berharga sangat penting, maka kita harus menjaga dan merawatnya dengan baik semoga tidak gampang hialng atau rusak. Cara merawat dokumen dan benda berharga antara satu dengan lainnya berbeda.
1.      KTP.
Agar KTP tidak sobek dan rusak, KTP dilaminating dengan plastik. KTP juga harus disimpan di daerah yang aman. KTP sanggup disimpan dalam dompet atau tas.
2.       Akta Kelahiran.
Agar sertifikat kelahiran tidak gampang sobek dan rusak, sertifikat kelahiran sebaiknya dilaminating. Akta kelahiran juga harus disimpan di daerah yang aman. Akta kelahiran kita simpan di stop map. Stop map sebaiknya disimpan di almari, semoga sertifikat kelahiran kita tidak hilang.
3.      Foto.
Agar foto tidak meudah sobek dan rusa, sebaiknya foto dimasukkan ke album atau daerah yang aman. Foto ada yang besar dan ada yang kecil. Foto kecil dimasukkan ke album. Foto juga sanggup digantung di dinding. Figura ialah daerah untuk menggantung foto.
4.      Piala.
Piala sanggup disimpan di almari. Almari tempa menyimpan piala sebaiknya almari kaca. Almari beling isinya sanggup terlihat dari luar, sehingga piala sanggup terlihat dari luar. Untuk membersihkan debu, piala sanggup dilap dengan kain yang bersih.
D.    Tujuan Memelihara Dokumen dan Barang Berharga.
Benda berharga dan dokumen sangat penting bagi kita. Oleh alasannya ialah itu, harus dirawat dengan baik. Tujuan merawat dan menjaga benda berharga ialah sebagai berikut:
1.      Agar tidak gampang rusak.
2.      Agar tidak kotor.
3.      Agar tidak hilang.
4.      Agar gampang mencarinya jikalau suatu dikala diperlukan.
5.      Mudah menyelamatkan jikalau suatu dikala ada bencana.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar