Macam-Macam Penggolongan Binatang Menurut Ciri Tertentu

September 26, 2018
Penggolongan makhluk hidup yaitu penggolongan yang lebih difokuskan pada persamaan ciri dibandingkan pengelompokan secara sistematis. Penggolongan makhluk hidup sanggup dilakukan menurut daerah hidupnya, kondisi fisik, jumlah kaki, jenis makanan, cara berkembang biak, dll. Pengelompokan makhluk hidup menurut ciri-cirinya disebut penjabaran makhluk hidup. Berikut yaitu beberapa rujukan penggolongan makhluk hidup baik itu binatang maupun tumbuhan. Langsung saja kita simak yang pertama:
 Penggolongan makhluk hidup yaitu penggolongan yang lebih  difokuskan pada persamaan ciri Macam-macam penggolongan Hewan menurut ciri tertentu


1. Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanan
Hewan sanggup digolongkan menurut masakan yang biasa dikonsumsi. Penggolongan tersebut terdiri dari 3 jenis yaitu pemakan tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan tumbuhan dan binatang (omnivora).

1.1. Hewan Pemakan Tumbuhan (Herbivora)

Beberapa rujukan binatang herbivora (pemakan tumbuhan) yaitu sapi, kerbau, kuda, kambing, dll.

1.2. Hewan Pemakan Daging (Karnivora)

Beberapa rujukan binatang karnivora (pemakan daging) yaitu singa, buaya, harimau, dll.

1.3. Hewan Pemakan Tumbuhan dan Hewan (Omnivora)

Beberapa rujukan binatang omnivora (pemakan tumbuhan dan daging) yaitu manusia, ayam, dll.
2. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Akar
Bentuk akar setiap tumbuhan berbeda-beda. Terdapat dua jenis akar yaitu tunggang dan serabut.

2.1. Tumbuhan Berakar Tunggang

Tumbuhan yang berakar tunggang yaitu tumbuhan dikotil (berbiji dua). Tumbuhan berakar tunggang biasanya berupa pohon alasannya pohon berukuran besar membutuhkan akar yang kuat. Contoh tumbuhan berakar tunggang yaitu mangga, cabai, kacang-kacangan, jeruk, dll.

2.2. Tumbuhan Berakar Serabut

Tumbuhan yang berakar serabut yaitu tumbuhan monokotil (berbiji satu). Contoh tumbuhan berakar serabut yaitu padi, kelapa, rumput, jagung, dll.
3. Penggolongan Hewan Berdasarkan Habitat
Hewan sanggup digolongkan menurut habitatnya ibarat di darat, air tawar, air asin, atau amfibi.

3.1. Hewan Habitat di Darat

Ciri utama binatang yang berhabitat di darat yaitu bernapas dengan memakai paru-paru. Contoh binatang yang berhabitat di daratan yaitu manusia, anjing, kelinci, dll.

3.2. Hewan Habitat di Air Tawar

Hewan yang habitatnya di air tawar biasanya berada di sungai dan danau. Ciri utamanya yaitu bernapas dengan insang dan jenisnya berupa ikan. Contoh binatang yang berhabitat di air tawar yaitu ikan cupang, ikan louhan, ikan lele, dll.

3.3. Hewan Habitat di Air Asin

Hewan yang habitatnya di air asin biasanya berada di laut. Ciri utamanya dalah bernapas dengan insang. Contoh binatang yang habitatnya di air asin yaitu ikan hiu, gurita, ikan salmon, cumi-cumi, dll.

3.4. Hewan Amfibi

Hewan amfibi yaitu binatang yang habitatnya di air dan di daratan. Contoh binatang amfibi yaitu salamander dan katak.
4. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Tulang Daun
 Penggolongan makhluk hidup yaitu penggolongan yang lebih  difokuskan pada persamaan ciri Macam-macam penggolongan Hewan menurut ciri tertentu

Bentuk tulang daun pada setiap jenis tumbuhan juga beragam. Terdapat empat jenis bentuk tulang daun yaitu menyirip, menjari, melengkung, dan sejajar.

4.1. Tulang Daun Menyirip

Bentuk tulang daun menyirip ibarat mirip sirip ikan. Contoh tumbuhan dengan tulang daun menyirip yaitu nangka, mangga, jambu, dll.

4.2. Tulang Daun Menjari

Bentuk tulang daun menjari berbentuk ibarat susunan jari. Contoh tumbuhan dengan tulang daun menjari yaitu singkong, pepaya, dll.

4.3. Tulang Daun Melengkung

Bentuk tulang daun melengkung melengkung pada bab pinggriannya sehingga simetris. Contoh tumbuhan dengan tulang daun melengkung yaitu sirih, eceng gondok, dll.

4.4. Tulang Daun Sejajar

Contoh tumbuhan dengan tulang daun sejajar yaitu padi, tebu, jagung, dll.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar